BELAJAR PHP DASAR : Perulangan While dan Do While PHP

BELAJAR PHP DASAR - MELAKUKAN PERULANGAN PHP 1 > Perulangan While dan Do While PHP


perulangan while dan do while php


Hai kawan-kawan luacode.....

Kali ini luacode akan membahas tentang looping yang menggunakan syntax while dan do while.

Apa itu While dan Do While?

While dan Do while ialah syntax yang digunakan untuk membuat perulangan hingga berkali-kali, hingga parameter pembanding menyatakan nilai false. Dengan kesimpulan jika parameter pembandingnya terus menerus menghasilkan nilai true maka syntax while dan do while akan selalu menjalankan perintah pada baris dibawahnya.

Perbedaan While dan Do While

Perbedaan antara While dan Do While terletak pada hasilnya yaitu:
While apabila parameter pembandingnya tidak menghasilkan nilai true maka perulangan while tidak akan berjalan, lain lagi jika perulangan do while. Terlebih dahulu dijalankan minimal satu kali setelah itu syntax while akan memeriksa jika parameter pembandingnya bernilai true maka akan dilanjut dan jika false maka akan berhenti sampai disitu.

Dibawah ini adalah contoh untuk perulangan while

PHP
1 <?php
2 $i=1;
3     while ($i <= 10) {
4         echo "luacode while ".$i."<br />";
5         $i++;
6     }
7 ?>

dan dibawah ini adalah hasil dari perulangan while diatas



Penjelasan kode diatas adalah ketika perulangan while dilakukan harus ada parameter sebagai pembanding untuk melanjutkan. Akan tetapi jika hasil dari parameter tersebut adalah false maka perulangan while tidak akan terjadi, yang artinya baris kode dibawahnya tidak akan dijalankan.

untuk jalan perintahnya seperti dibawah ini

variabel $i mempunyai nilai integer 1, kemudian variabel $i menjadi parameter pembanding di perulangan while jika $i lebih kecil atau sama dengan nilai 10 maka nilai hasilnya adalah true. Dan akan menjalankan baris dibawahnya yaitu kode ( echo "luacode while ".$i."<br />"; ) yang akan menampilkan " luacode while (isi dari variabel $i) ", dan baris ( $i++ ) yang artinya $i ditambahkan nilainya  +1. Jadi setiap perulangan $i akan terus bertambah sampai lebih dari atau sama dengan nilai 10 dan akhirnya parameter menghasilkan nilai false untuk berhenti.


Sedangkan untuk perulangan Do While jika pembandingnya tidak menghasilkan nilai true maka perulangan do while tidak akan dijalankan, akan tetapi dengan adanya syntax do didalam do while maka minimal satu output yang dihasilkan oleh syntax do.

seperti kode dibawah ini:
PHP
1 <?php
2 $i=0;
3     do {
4         echo "luacode do while ".$i."<br />" ;
5         $i++;
6     } while ( $i <= 10);
7 ?>

dibawah ini adlaah hasil dari perulangan do while yang ada diatas:



Jalan perintah dari kode diatas adalah variabel $i memiliki nilai integer 0, lalu menjalankan syntax do yang berisi ( echo "luacode do while ".$i."<br />"; ) dan akan menampilkan "luacode do while (isi dari variabel $i) ", lalu mmenjalankan syntax $i++ yang artinya variabel $i akan ditambah nilainya sebesar 1x. Lalu menjalankan perntah perulangan while yang menggunakan variabel $i sebagai parameter pembandingnya. Jika variabel $i kurang dari atau sama dengan 10 maka jalankan kode perintah dibaris syntax do.

dengan jalan perintah seperti diatas dijelaskan jika parameter pembanding dari syntax while menghasilkan nilai false maka perulangan while pada syntax do while tidak akan terjadi. Dan akan tetap menghasilkan output karena dengan adanya syntax do pada perulangan do while.



sekian dari luacode.....

Selamat belajar dan semoga bermanfaat.


1 Response to "BELAJAR PHP DASAR : Perulangan While dan Do While PHP"

  1. Perulangan ini cocok buat pembelajaran awal ketika mau belajar php ya min?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel