BELAJAR DASAR PHP 1 : Apa Sih Pengertian PHP Itu

BELAJAR DASAR PHP - PENGENALAN PHP 1 > Apa Sih Pengertian PHP Itu


Pengertian PHP


Hai kawan-kawan luacode.....

Kali ini luacode akan membahas tentang bahasa pemrograman PHP, serta beberapa potongan cerita tentang bagaimana bahasa pemrograman PHP itu tercipta.....

Langsung saja luacode akanmembahas.....

Apa Itu PHP?

Apa sih PHP itu? PHP itu merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan pada kebanyakan programmer, dan merupakan bahasa scripting web HTML-embedded.

Yang dimaksud HTML-embedded ini adalah bahasa pemrograman PHP dapat disisipkan kedalam HTML.

Pengertian dari PHP itu sendiri ialah bahasa pemrograman script server side, yang merupakan script untuk mengolah data dari server.

Kepanjangan dari PHP

PHP merupakan singkatan dari (PHP: Hypertext Preprocessor), yang pada awalnya PHP adalah singkatan dari (Personal Home Page Tool).

Pada versi pertama dari PHP itu sendiri memiliki nama FI (Form Interpreter). Lalu sejak versi 3.0 dibuat hingga sekarang, nama tersebut dirubah menjadi (PHP: Hypertext Preprocessor) dengan singkatan PHP.

Terciptanya PHP

Awal mula terciptanya PHP berawal pada saat Rasmus Lerdorf membuat sejumlah baris kode dengan menggunakan bahasa pemrograman Perl yang dapat menghitung jumlah dari pengunjung websitenya pada tahun 1949. Dan baris kode tersebut dikembangkan dan dikemas dengan tool yang disebut "Personal Home Page".

Kemudian Rasmus Lerdorf mengganti script tersebut menggunakan bahasa pemrograman tersebut menggunakan bahasa pemrograman C agar terlihat lebih berkapabilitas.

Pada akhirnya Rasmus menamakan tool tersebut sebagai PHP/FI. Pada saat itu PHP/FI sudah digunakan untuk embuat website yang dinamis.


Begitulah potongan sejarah tentang PHP... untuk selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menggunakan bahasa pemrograman PHP, apa saja syntax dasar PHP, dan apa saja yang dapat dilakukan oleh bahasa pemrograman PHP.


sekian dari luacode.....

Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

0 Response to "BELAJAR DASAR PHP 1 : Apa Sih Pengertian PHP Itu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel